Monday, July 27, 2015

Review /Ulasan The Maze Runner dan Preview / Sinopsis The Scorch Trials



Review /Ulasan The Maze Runner dan Preview / Sinopsis The Scorch Trials


Siang guys..hari ini mau coba ngebahas film The Maze Runner, soalnya tanggal 18 September 2015 nanti akan tayang sekuelnya : The Scorch Trial. Saya suka dengan ni film, karena film ini menyeimbangkan trend drama action remaja yang sedang beredar, seperti The Hunger Games, City Of Bones dan Divergent Series. Kenapa saya bilang menyeimbangkan? Karena film ini meskipun banyak memperkerjakan pemeran remaja namun tidak banyak porsi cinta-cintaannya seperti drama action remaja lainnya tersebut, karena pemerannya cowok semua, kan ga mungkin cinta-cintaan sesama cowok, hombreng dong nek...haha… Justru karena isinya cowok semua film ini rekomended buat para ladies yang suka liat muka-muka cute para cowok.

Film ini diangkat dari best selling novel yang berjudul sama, The Maze Runner karya James Dashner. Novelnya sendiri direncanakan terbit dari tahun 2009 – 2016 yang terdiri dari 5 judul (Pentalogy) : The Maze Runner, The Scorch Trials, The Death Cure, The Kill Order dan The Fever Code. Wow…bisa dibayangkan filmnya dibikin semua pasti keren. Yang pertama kan udah kita liat, yang kedua juga sebentar lagi nih. Oke saya ga baca novelnya, jadi mari stay pada jalur kita yaitu filmnya.
The Maze Runner ini disutradarai oleh Wes Ball dan diperankan oleh Dylan O’Brien (Thomas), Kaya Scodelario (Teresa), Will Poulter (Gally), Ki Hong Lee (Minho) dan Thomas Sangster (Newt). Nama terakhir sudah malang melintang di dunia perfilman sejak kecil dan meraih banyak penghargaan, pernah main di film Love Actually, Nanny McPhee dan serial Game Of Thrones. Doski juga banyak penggemar wanitanya lho, habisnya too cute sih, haha…


Ceritanya, bumi sekarang dalam kondisi mengenaskan, kota hancur, global warming dan virus penyakit yang menyebar. Nanti di akhir cerita dijelaskan. Kalo diawal film langsung dibuka dengan adegan Thomas baru dikirim masuk ke dalam Glade. Glade adalah area karantina para cowok-cowok itu guys. Disana telah hidup puluhan cowok selam 3 tahun, mereka hidup apa adanya, seperti orang purba jaman dulu, tak punya apa-apa, hanya mengandalkan suplai makanan dan peralatan kiriman dari Wicked. Nah apalagi tuh WICKED? WICKED atau disini lebih sering digambarkan dengan kode tulisan W.C.K.D, adalah adalah perusahaan yang sedang melakukan penelitian untuk mencari obat penyembuh virus penyakit yang menyerang bumi, nama penyakitnya sih “Sun Flare”. Dan sudah bisa kalian tebak bahwa para cowok yang di dalam Glade adalah objek eksperimen mereka. WICKED memilih puluhan anak cowok usia remaja yang kebal terhadap Sun Flare, mereka meyakini aktifitas otak remaja tersebut bisa dipelajari untuk menciptakan obat melawan Sun Flare. Ngapain capek-capek pelajari otak anak cowok, udah dipastiin anak cowok tuh isi otaknya ga jauh-jauh dari yang namanya bola kaki, game, dan cewek, hihi… Namun cara mereka bereksperimen sangatlah tak wajar. Ya lihat saja di film ini, petualangan Thomas dkk berjuang keluar dari Glade. Just for information, semua remaja ini ingatannya dihilangkan oleh WICKED, namun tidak permanen.




Di dalam Glade, Thomas bertemu dan dimentori oleh Alby (Aml Ameen) sebagai ketua Glade, Newt (wakil ketua), Minho (runner/pelari) dan sahabat kecil, Chuck (Blake Cooper). Banyak hal yang dipelajarinya, namun yang sangat menyita perhatian dan rasa penasarannya adalah bagaimana cara keluar dari Glade dan apa yang ada diluar Glade. Nah hal ini lah yang menjadi plot utamanya film ini. Thomas membujuk temen-temennya untuk ikut bareng dia keluar dari Glade. Namun upaya tersebut tidaklah mudah, karena Glade telah dibentuk sedemikian rupa oleh WICKED seperti kotak dalam labirin (maze). Labirinnya luas dan tinggi, bergerak berubah bentuk setiap malam, dan lebih parahnya lagi labirin diisi dengan Griever, monster robot seperti laba-laba raksasa yang akan membunuh semua manusia di labirin. Belum lagi ada pihak yang ga setuju dengan usulan Thomas dan ga pengen keluar dari Glade, yaitu Gally. Gally beberapa kali terlibat adu mulut atas ketidaksepahaman ini.

Adegan-adegan dalam labirin membuat saya kagum, tersepona, hehe… visual effectnya oke lah. Thomas bersama Minho pada awalnya lari-lari “survey” lokasi, setelah sebelumnya mereka mendapati petunjuk tentang adanya jalan keluar. Sebelum bagian puncak cerita, ada adegan dimana WICKED mengirim masuk 1 orang cewek ke dalam Glade, namanya Teresa. Liat tampang cowok-cowok yang udah 3 tahun yang ga liat cewek begitu liat Teresa udah kayak liat lauk pauk, siap dimakan, haha… Baik para cowok maupun Teresa ga tau siapa dan apa tujuan dia dikirim, tapi disini Teresa ikut dengan Thomas untuk keluar dari Glade. Apalagi Griever sempat menyerang ke dalam Glade membuat mereka semua semakin kuat untuk tekad keluar Glade. Dengan penuh perjuangan dan korban beberapa jiwa, Thomas dkk akhirnya berhasil keluar dari Glade melewati labirin dan Griever. Sesampainya mereka disuatu ruangan, mereka diperlihatkan apa yang sebenernya terjadi dan siapa mereka, yakni tentang keadaan bumi dan peran WICKED. Nah setelah mereka tau, mereka dijemput ama pasukan penyelamat, THE END… Owhh….Sugar Honey Ice Tea…bersambung deh ceritanya… Ya overall ni film lumayan bagus kok, akting para remaja ya pas, tidak kurang tidak lebih, benar-benar menggambarkan mereka pada posisinya sebagai remaja. Syuting film beginian pasti sangat menguras tenaga mereka, secara lari-lari terus menghadapi labirin yang berubah bentuk dan Griever.



Nah nyambungnya ke The Scorch Trials yang nanti akan tayang. Dari judulnya harusnya kita udah bisa nebak, ada kata “Trial”, yang berarti “Uji Coba”. Jadi kemungkinan di film ini masih berupa uji coba terhadap para Gladers, sebutan untuk anak-anak yang berasal dari Glade. Lama kelamaan ni postingan kayak iklan pengharum ruangan yak, hehe…yang paham aja. Apa lagi kah yang menjadi tempat atau bahan uji coba mereka? Liat judul kembali, ada kata “Scorch”, artinya “Hangus”. Banyak-banyak baca postingan JMFC jadi pinter bahasa inggris nih, haha… Ya, hangus adalah gambaran dari area yang menjadi tempat uji coba mereka kali ini. Mereka akan dikirim ke daerah yang tandus, panas dan penuh rintangan. Apa saja rintangannya? Duh…penulis dilema nih mau kasih tau ga ya? Ntar malah jadi spoiler (bocoran) pula, hehe.. salah satu aja deh dikasih tau rintangannya yaitu Crank, yaitu orang-orang ganas yang mengidap penyakit Sun Flare. Di dalam gedung para Crank sempat menyerang tim penyelamat Thomas dkk saat keluar dari Glade.


Sebelum mereka sampai ke Scorch, sebelumnya mereka ditempatkan dulu di gedung perusahaan WICKED, pasca mereka lolos dari Glade itu lho. Disana mereka istirahat, namun Thomas dan Minho mulai merasa ada keganjilan saat Teresa hilang dibawa pergi dari mereka. Keganjilan ini memicu rasa ingin tahu, dan membuahkan hasil. Mereka bertemu dengan salah satu cowok lain, namanya Aris. Nah loh ni tetangga sebelah rumah gue, hehe. Aris ini bukan berasal dari Glade mereka, ya iya lah, Aris berasal dari Indonesia, haha.. uppss..canda mulu nih, lanjut deh, Aris ini berasal Glade lainnya. Wah, ada 2 Glade…!!! Yak spoiler alert lagi nih bahwa ada Glade lain yang isinya cewek semua guys, yiiihhhaaaa….jingkrak-jingkrak…mata belo..haha…pasti pada mau nih dikirim kesana, dasar…hehe. Apa yang terjadi di Glade cowok, sama dengan Glade cewek. Aris adalah “Teresa” nya di Glade cewek.



Nah siapa saja Glader dari pihak cewek? Ayooo….curious banget ga? Cakep-cakep lho…mau dibocorin disini? “Mauuuu…..”. Okey-okey baiklah jika teman-teman memaksa, haha.. Nih guys saya kasih 2 Glader cewek, yang satu ini seksi banget, kalian yang udah nonton Furious 7 pasti tau. Dialah Nathalie Emmanuel, yang jadi Ramsey, si gadis kribo manis otak komputer di film Vin Diesel dkk tersebut. Disini dia berperan sebagai Harriet. Dan yang kedua adalah Katherine McNamara berperan sebagai Sonya, ketuanya Glade cewek. Doski selain main film dan nyanyi, ternyata pinter dalam pendidikan guys, dia kelasnya akselerasi, tamat SMA diusia 14 tahun dan dapat sarjana di usia 17 tahun, gibeh…udah cantik pinter lagi, nah elo gimana? Dah sampe mana skripsi loe? Hehe…



Nah kemunculan para Glader cewek ini belum cukup guys, masih ada cewek lain laini, tapi kali ini bukan Glader, melainkan pasien Sun Flare, namanya Brenda, diperankan oleh Rosa Salazar yang juga main di Divergent sekuel : Insurgent. Ni cewek termasuk Crank, dan terlibat bumbu asmara dengan Thomas. Eheeemmm…Teresa bakal ada saingannya nih.. Sepertinya film kali ini sepertinya mulai pake cinta-cintaan guys…



Wuih..komplit deh kayaknya yah, action ada, horror ada, sci-fi ada, romantisme juga ada. Gimana kawan-kawan? Minat kan nonton ini? Kira-kira apakah mereka bisa selamat dari uji coba fase ke-2 ini? Siapa saja yang bakal mati? Gue yakin para cewek-cewek ga rela Newt dan Minho mati, haha…terutama salah satu member JMFC, Silvia Latifah...hehe. Kalo Newt dan Minho mati cewek-cewek ga mau lagi nonton kelanjutannya, The Death Cure, hihi… Cukuplah Chuck yang mati, yang udah sukses bikin sedih para penonton...hiks...


Sekian dulu review and previewnya ya, mudah-mudahan artikel ini membantu dan bermanfaat buat kamu. Jika iya, penulis mohon dong tulis komentarnya atau klik like di page JMFC ya, terimakasih telah membaca, mohon maaf kalo salah.
*JMFC 001 – Om Chan*


8 comments:

  1. keren om chan review dan preview nya, scene yang paling tifah suka di maze runner adalah pas minho nunjukin miniatur seluruh maze ke thomas.. gak sabar mau nonton scorch trials.. ga sabar mau liat newt lagi hehehe :")

    ReplyDelete
  2. Hehe..makasih tifah..kalo keren, di share dong ya ke cewk-cewk fans Newt lainna :-)
    Sama, ga sabar juga neh nunggu 18 september..mau ketemu Sonya, haha.....

    ReplyDelete
  3. Gak sabar liat the fever code di filmkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama om, kami juga ga sabaran final chapternya nih..

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maap salah pencet, kepencet removed.. Iya di Death Cure pasti lbh sedih but jgn dicritain dl, bahaya spoiler, hehe..

      Delete
  5. Keren.... Fever Code itu kira - kira ditayangkan kapan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih tlah membaca. Fever Code belum tau kapan pastinya, apalagi skrg aktor utama Dylan O Brien kecelakaan saat syuting, cedera dan dirawat di RS, syuting ditunda, jadwal mundur. Tetep pantengin blog kami utk infonya atau updatenya di facebook www.facebook.com/jambimoviefreakers.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...