Selasa, 15 November 2016

Yang Perlu Kamu Tau SETELAH Nonton Film Doctor Strange

The world is getting strange in Doctor Strange! Ya, dunia bener-bener makin aneh dengan kehadiran film Doctor Strange. Dunia Marvel Cinematic Universe yang selama ini ditampilkan hanya satu dimensi saja, satu universe saja, sekarang telah berubah guys, menjadi Multiverse. Sesuai dengan patron yang digadang-gadang bahwa film Doctor Strange akan menjadi gerbang pembuka ke Marvel Cinematic Multiverse.



Doctor Strange
Gambar : impawards.com
Open your mind, expand the universe. Film ini bener-bener amazing kalo kita ukur dari segi visual effects (VFX). Penonton akan dimanjakan lewat pergerakan benda dan gedung-gedung yang ga masuk diakal, kadang bengkok, kadang terbgi, kadang bergeser, ah..macem-macem deh. Belum lagi visual dimensi-dimensi lain yang diperkenalkan, aneh-aneh dah. Dan terakhir, bisa liat sihir-sihir yang aneh-aneh. Terutama dari Eye Of Agamoto, yang bisa screw arround with time. Pengen banget punya alat beginian, haha...

Selain soal VFX, penampilan si Doctor Strange, Benedict Cumberbatch bener-bener catchy, cocok banget dia meraninnya, meskipun sebenernya sih dia meranin apa aja bagus semua, mau sebagai ilmuwan homoseksual, bad ass villain, arrogant detective, hacker bertangan dingin maupun sebagai seekor naga raksasa sekalipun. Benedict bener-bener aktor berkualitas tinggi dah, kharismanya selalu ada di tiap peran yang dia mainkan.

Pihak Marvel Studios sendiri sampe rela untuk memundurkan jadwal syuting demi mendapatkan jasa sang pemeran Sherlock Holmes di serial Sherlock ini. Hasil nunggunya sangat worthy kan, hasilnya Doctor Strange mempunyai banyak penggemar baru, yang sepertinya akan seperti ketika Robert Downey Jr memerankan Iron Man. Sekarang kita punya duo charismatic, The Awesome Facial Hair Bros!

Awesome Facial Hair Bros
Gambar : imgrum.org

Cerita yang ditampilkan sayangnya berjalan begitu cepat. Ya tuntutan durasi juga sih ya...mau tak mau harus di set sedemikian cepat namun tetap berisi. Pengenalan karakter masing-masing tokoh diperlakukan sewajarnya, tanpa berlebihan, yang penting penonton bisa paham. Khusus bagian ending, some people say no, some people say yes. For me, it was BRILIANT! Nanti saya jelaskan dibawah artikel.

Eiitttss....sampe lupa ngasih warning dulu nih... Bagi kamu yang belum nonton filmnya, saya sarankan untuk tidak membaca artikel ini, karena artikel ini berisi full major spoiler! Ga baik buat kesehatan kamu sebagai movie mania untuk makan sop iler, hehe... Mending cepetan ke bioskop, beli tiketnya and tonton, karena nyesel lho kalo ga nonton, filmnya bener-bener menakjubkan dan juga fun! Applause buat sutradara Scott Derrickson.

WARNING MAJOR SPOILER

Perkenalan Multiverse
Seperti yang saya bilang diatas, film Doctor Strange memperkenalkan kita dengan dimensi atau alam lain yang ada di alam semesta MCU, yang selama ini dominan diperlihatkan bumi, sebagian 9 Realms, sebagian galaksi antar planet. Apa saja itu? Sejak awal film saja kita langsung dikenalkan sama yang namanya Mirror Dimension, ketika The Ancient One bertarung dengan Kaecilius dan para pengikutnya (Zealots). 


Ancient One

Mirror Dimension dalam film ini adalah dimensi dimana alam yang paralel terhadap dunia nyata, apa saja yang ada di Mirror Dimension sama persis dengan yang ada di dunia nyata, tapi tidak saling mempengaruhi. Subjek dunia nyata bisa masuk ke Mirror Dimension, namun apa yang mereka lakukan disana tidak akan mempengaruhi dunia nyata. Seperti ucapan The Ancient One, Mirror Dimension ini berguna sebagai tempat untuk melatih ilmu sihir yang dipelajari, atau bisa untuk memenjarakan musuh yang menjadi ancaman dunia nyata.

Setelah Mirror Dimension, kita diperkenalkan dengan Dark Dimension, saat The Ancient One memberikan “mukadimah” kepada Strange. Tubuh Strange melayang-layang di alam antah berantah, saat berada di background yang berwarna gelap, itulah Dark Dimension namanya. Alam ini yang kita juga liat di ending saat final battle Doctor Strange melawan penguasa Dark Dimension, Dormammu. Dark Dimension tak mengenal waktu, jadi disana adalah eternal life alias abadi. Apakah Dark Dimension punya hubungannya dengan Zero Matter a.k.a Dark Force di serial Agent Carter ya?

Next, setelah Dark Dimension, masih dalam scene yang sama dengan “mukadimah” The Ancient One kepada Strange, tampak juga kalo tubuh Strange melayang diatas simetric background yang mirip-mirip dengan Quantum Realm. Saya pasat-pasatin banget tuh adegan, berharap ada penampakan Janet Van Dyne a.k.a The Wasp, soalnya kan di film Ant Man kemarin ada penampakannya. Pas tau kekuatan Doctor Strange adalah lintas dimensi, ya berharap saja nanti Doctor Strange yang akan menyelamatkan The Wasp keluar dari Quantum Realm. Who knows? Marvel kan gitu orangnya, hehe... Sebagai pengingat, The Wasp adalah istri dari Ant Man yang pertama, Hank Pym, yang tertinggal dalam bentuk sub atomic di Quantum Realm, dimensi dimana ruang dan waktu tak berlaku.

Dimensi apa lagi kah? Ya kalo melihat “mukadimah” yang diberikan The Ancient One itu, kayaknya bisa saja masih ada dimensi lain yang belum kita ketahui. Tapi, untuk sementara, itu saja dulu ya. Selain dimensi, dalam film ini berkali-kali menampilkan portal yang dibuat melalui sihir dari Sling Rings, cincin yang dapat membuat portal antar dimensi. So, bisa saja kan ada dimensi lain dan lain lagi.


Avengers Tower, Avengers Name Drop
Masih ga tau kalo film ini adalah film dalam proyek Marvel Cinematic Universe? Wah kelewatan kalian kalo ga tau guys...unless you stay in a cave and have a long beard, haha... Ya film Doctor Strange memberikan penampakan Avengers Tower sebagai penegas koneksinya kepada film-film MCU lainnya. Selain towernya, nama The Avengers juga disebut Wong : ”The Avengers protect us from physical threat, we saveguard earth from mystical beings”. So, jelas bahwa timeline film ini adalah pasca event di Civil War, Avengers does exist

Jika masih ada yang bilang ini timelinenya setelah Iron Man 2 cuma karena adegan asisten Doctor Strange nyebut “Pasien kolonel 35 tahun yang lumpuh akibat percobaan pakaian perang” sebagai referensi kepada armor test milik Justin Hammer di film Iron Man 2, coba ingat-ingat lagi, kan di film Doctor Strange ada Avengers Tower, kalo di Iron Man 2 Avengers Tower belum ada.

Para pasien yang disebut asisten Doctor Strange, petunjukkah?
Saat Strange nyetir mobil, ada telepon dari asistennya yang menyampaikan laporan pasien. Pertama ada nenek-nenek usia 68 tahun dengan kankernya. Well...saya rasa dapat kita abaikan sebagaimana Strange mengabaikannya, takut rekor prestasinya rusak, haha.. Kedua, yang tadi tuh, kolonel 35 tahun lumpuh, spekulasinya adalah itu kolonel korban armor testingnya si Justin Hammer di film Iron Man 2 atau itu si Rhodey di film Civil War yang menjadi korban airport battle. Kalo ambil yang Iron Man 2, kelamaan kali ya, masa dari 2010 baru nak dioperasi sekarang 2016.

War Machine Hit
Gambar : abcnews.go.com

Lebih masuk akal kalo itu adalah Rhodey, anggap saja sang asisten salah liat muka/usia Rhodey yang 45 tahun dibilangnya 35 tahun. namun supaya diplomatis, dibilang aja lumpuh akibat percobaan armor. Ga mungkin kan dibilang ke publik kalo Rhodey lumpuh akibat kena tembak mind stone-nya si Vision. Ingat saja di film Iron Man 1 dimana Rhodey membuat pernyataan diplomatis saat jumpa pers pasca Iron Man membuat satu pesawat F16 mereka jatuh, dijawab ama Rhodey itu cuma latihan.

Terakhir, ada wanita 22 tahun scizhofrenia dengan implan alat di kepalanya dan kesamber petir. Banyak yang berspekulasi kalo ini adalah Carol Denvers, alias yang nantinya akan jadi Captain Marvel di film berjudul dirinya tahun 2018 nanti, diperankan oleh Brie Larrson. Jika memang iya, just wait and see ya...

Vishanty dan Darkhold
Ada 3 markas Sanctum dalam film : London, New York dan Hong Kong. Semua Sanctum mempunyai logo Vishanty, yang sepertinya itu menandakan sebagai 3 member of Vishanty. Nah untuk diketahui, Vishanty di komik adalah sebuah grup mystical beings yang terdiri dari 3 makhluk interdimensional yang kemampuannya berrlevel dewa, a god like powers. Mereka adalah Agamotto, Hoggoth dan Oshtur. Mereka bertiga yang menjaga bumi dan dimensi lain dari Dark Magic sejak jaman dahulu kala, sejak bumi ada. The Book Of Vishanty yang berisikan spells of white magic adalah karangan mereka, yang diciptakan untuk mengimbangi Darkhold, buku spells of black magic.


Vishanty
Gambar : marvel.com

Untuk Darkhold sendiri telah muncul dalam serial Marvel’s Agents Of SHIELD Season 4 sebagai plot utama selain Ghost Rider. Disana, orang-orang yang menggunakan Darkhold berubah menjadi semacam hantu gitu. Sayangnya, penampakan The Book Of Vishanty belum ada dalam film ini. Namun ada sebuah buku yang menjadi primadona disini yaitu The Book Of Cagliostro, buku karangan penyihir jaman dahulu, Cagliostro, yang mana di dalam buku itu juga termasuk bab yang membahas Darkhold dan Dark Dimension.


Darkhold
Gambar : io9.gizmodo.com

Relics and Mystical Weapons
Ga afdhol dong ya kalo film tentang sihir ga banyak benda-benda aneh. Nah di film ini bisa kita coba sebut satu per satu benda-benda kuno tersebut diantaranya :

Sling Rings : Cincin yang dapat membuat portal antar dimensi, yang banyak kita lihat sepanjang film. Tanpa cincin, sang master of mystical arts tidak dapat membuat portal.


Staff of The Living Tribunal : Living Tribunal sendiri pernah saya sebut namanya di artikel MCU saya : Marvel Cinematic Universe (MCU) Hints and Timeline Explanation - Mukadimah. Living Tribunal adalah makhluk raksasa berwajah tiga sisi yang kekuatannya berlevel dewa yang tugasnya menjaga multiverse. Nah apakah tongkat yang disebut Mordo tersebut ada hubungannya dengan Living Tribunal? Bisa jadi, karena menilik di komik, tongkat ini mirip dengan apa yang namanya Staff Of Polar Power, sebuah tongkat yang dapat menyerap dark magic, dimiliki oleh Living Tribunal.

Vaulting Boots of Valtorr : Sepatu boots yang digunakan Baron Mordo yang dapat membuat penggunanya melompat lebih tinggi atau jauh. Kalo berdasarkan namanya di komik, Valtorr sendiri adalah mystical being yang namanya ada dalam salah satu mantra Doctor Strange, Vapors of Valtorr.

Wand of Watoomb : Tongkat yang juga memiliki kemampuan seperti Staff Of Polar Power, yaitu menyerap energi dan kekuatan sihir.

The Evil Eye or Brazier of Bom Boliath : Ada sebuah benda mirip cawan yang digunakan Doctor Strange untuk melawan Kaecilius tapi dia ga tau itu benda bisanya apa, haha.. Diduga itu adalah The Evil Eye. Ane juga ga tau ini benda apa, hehe..

Kalo bukan The Evil Eye, it adalah Brazier of Bom Boliath, sebuah cawan besar yang berfungsi untuk portal antar realms. Menariknya, itu digunakan Doctor Strange untuk memasukkan Eric Masterson ke dalam realmnya si Mephisto secara diam-diam. Eric sendiri merupakan Thunderstrike alias Thor, nah loh? Haha..di komik, dia pria Amerika yang menyatu dengan Thor. Wah menarik nih kalo jadi film ntar, hehe..

Axe Of Angaruumus

Axe of Angarrummus : Tampak ada sebuah kapak yang tertempel di dinding pajangan saat Doctor Strange melawan Kaecilius. Di komik, Axe of Angarrummus merupakan benda kuno yang didapat Strange dari bulan.

Helmet of Black Knight : Ada penampakan lain juga yang berupa helm ksatria jaman dulu, yang diduga ya helmnya si Black Knight, ksatria kerajaan Arthur pemegang Ebony Blade yang ditempa oleh penyihir Merlin dengan menggunakan bahan meteor.

Cloak of Levitation : Tentu ini salah satu dari 2 yang mencuri perhatian penonton, satu lagi ya Eye Of Agamotto. Sesuai namanya, jubah ini memang memiliki kemampuan melayang, hanya saja di film punya kelebihan lain yaitu jubahnya seperti hidup dan bisa bergerak membantu pemakainya dalam segala urusan, termasuk urusan menghapus air mata, haha...

Eye of Agamotto : Jelas ini puncak dari segala relic yang ada disana. Dari awal kemunculan fotonya di kalung Doctor Strange, banyak yang yakin Eye Of Agamotto memegang peranan paling krusial. Terbukti, disini Eye Of Agamotto adalah wadah yang berisikan salah satu Infinity Stones, sesuai ucapan Wong kepada Strange di akhir film, tepatnya Time Stone. Dengan Eye Of Agamotto, Doctor Strange bisa memanipulasi waktu sesukanya, mau dimundurin, mau dimajuin atau bahkan menciptakan time loop ketika melawan Dormammu. So, 5 down 1 to go. Soul Stone, where are you? In Hela or Heimdall? Hehe...
Siapa pemeran Dormammu?
Iya, ga ada nama pemerannya di daftar cast. Wajar saja, ternyata yang meranin suaranya adalah Benedict Cumberbatch sendiri, haha... Ngomong ama diri sendiri, Ben? I’ve come to bargain.

Comic Adaptation Scene
Shamballa : Wifi password di Kamar Taj merupakan judul graphic novel Doctor Strange “Into Shamballa”.

Nicodemus West : Dokter yang mengoperasi tangan Strange di film, (di komik) nantinya dia juga akan belajar ke Kamar Taj.

Doctor Strange Astral Projection : Di rumah sakit saat dokter cantik kita, Palmer, mencoba menyelamatkan Strange, adegan roh strange keluar itu juga diadaptasi dari komiknya The Oath.'


Daniel Drumm : penjaga Sanctum di New York, Drumm, yang mati dibunuh Kaecilius, diprediksi adalah Daniel Drumm, salah satu master of mystical arts. Di komik, arwahnya dipanggil kembali dan menyatu dengan saudaranya, Jericho Drumm, kemudian menjadi Brother Voodoo, seorang sorcerer supreme.

Brother Voodoo
Gambar : en.wikipedia.org

Tina Minoru : adalah salah satu master of mystical arts di Sanctum Hong Kong. Di komik, Tina Minoru adalah ibu dari Nico Minoru, salah satu tokoh remaja dalam komik Runaways, yang nanti diadaptasi ke serial oleh Netflix.

Sedikit tentang Runaways, mereka adalah 6 orang anak remaja yang menyadari orang tua mereka adalah bagian dari organisasi kriminal, dan akan memerangi orang tua mereka sendiri. Khusus Nico, disana dia memegang sebuah tongkat bernama The Staff Of One, tongkat yang dipakai Tina di film Doctor Strange.

Master Hamir : ini orang keturunan Indonesia guys, nama asli pemerannya adalah Raden Topo Tresniwiro, weh...sayang dia udah jadi warga negara lain Inggris guys dan tinggal lama disana. Di komik, Hamir adalah ayah dari Wong, asisten Doctor Strange.

Masters
Gambar : ofpof.com

Dormammu vs Doctor Strange
Ternyata villainnya disini tak hanya Kaecilius guys. Tapi dibalik itu ada Dormammu, sang penguasa Dark Dimension, sebuah dimensi tanpa waktu, abadi, sehingga menarik minat Kaecilius untuk mengabdi pada Dormammu dan mendapatkan keabadian, namun dengan imbalan Dormammu boleh menginvasi bumi. Disini, Dormammu ditampilkan hanya wajah besarnya saja, namun kekuatannya tetaplah sangat kuat.

Mengetahui kekuatan Dormammu yang IMBA ini, Doctor Strange mencari alternatif cara penyelesaian yang lebih ampuh, daripada mesti mencoba menyerang langsung dengan kekuatan. Aneh bin kocak, Doctor Strange melakukan tawar-menawar dengan Dormammu, dia “kurung” Dormammu dalam time loop yang ia buat menggunakan Eye Of Agamotto (Time Stone), sehingga memaksa Dormammu menerima tawaran Doctor Strange untuk meninggalkan bumi jika mau bebas dari time loop.

Cara seperti ini, khusus di film ini, bagi saya adalah BRILIANT! Mungkin bagi sebagian orang ada yang kecewa dan mengerenyutkan dahi, kok musuh besarnya kalah dengan cara gitu aja? Ga ad pertarungan hebohnya? Well...menurut saya, cara seperti ini adalah cara yang paling COCOK, the most suitable way untuk diterapkan dalam battle antara Strange vs Dormammu saat itu. Kenapa? Begini ya, kalo menggunakan power ataupun sihir lainnya, Strange tak akan punya kesempatan untuk menang.

Kalian bisa liat kekuatan Dormammu sangatlah jauh diatas Strange. Saat itu Strange masih fresh graduate dari Kamar Taj, belum menjadi Sorcerer Supreme yang kuat. Jadi kalo mengharapkan pertarungan dengan jlegar-jlegur bedentam-bedentum ya percuma, Strange akan koid dalam sekejap mata. Liat sendiri kan di adegan time loop-nya Strange mati berkali-kali dengan gampangnya. Nah berhubung Strange adalah orang yang sangat pintar, sangat smart, maka ide untuk “bargaining” itu adalah the coolest way to defeat Dormammu, cara paling keren, paling smart dan paling cocok untuk menang dengan lawan berlevel berat itu. Got it?
Before credit scene
Sebelum credit title bergulir, ada cuplikan Doctor Strange berbicara dengan Thor, wow...semua penonton bersorak. Ada apa gerangan? Disana, Thor meminta bantuan Doctor Strange untuk menemukan ayahnya Odin, yang terbuang ke Bumi, diduga dilakukan oleh Loki mengingat di ending Thor – The Dark World, Loki membuat ilusi dirinya menjadi Odin, dan Odin entah kemana. Strange pun mengiyakan dengan syarat setelah dia bantu, para Asgardians ini harap pulang ke kampung halamannya. Bagaimana Thor bisa sampe rumah Doctor Strange, itu dilihat dari foto yang menampilkan Thor memegang kertas bertuliskan alamat Sanctum New York.

Menariknya adalah, kenapa membutuhkan Strange kalo mereka punya Heimdall yang bisa melihat jiwa makhluk hidup dimana berada. Nah kuncinya adalah penglihatan Thor saat film Avengers – Age Of Ultron, disana Heimdall matanya buta dan tak bisa melihat jiwa lagi, itu diprediksi adalah apa yang akan terjadi di film Thor – Ragnarok nanti. Cuplikan Strange ngobrol ama Thor ini sendiri disutradarai oleh Taika Waititi guys, sutradara Thor – Ragnarok langsung, sepertinya Strange akan tampil sedikit dalam film Thor – Ragnarok nanti.

After credit scene
Setelah credit title bergulir semua, cuplikan terakhir adalah Baron Mordo yang menyerang seorang mantan murid Kamar Taj bernama Pangborn. Mordo mengambil kembali sihir yang telah dipelajari Pangborn dengan dalih Mordo ga mau terlalu banyak penyihir yang berkeliaran di muka bumi dengan menggunakan ajaran dari The Ancient One. Yang mana dia jadi jahat begini setelah dia tau The Ancient One juga menggunakan sumber dari Dark Dimension. Ibaratnya tuh dia kecewa selama ini udah diboongin ama guru sendiri yang dianggapnya suci, hanya menggunakan white magic tapi ternyata oh ternyata.

Yang menarik dari cuplikan ini adalah para penggemar komik pasti tau ini akan menjadi titik awal dimana nanti Mordo akan menjadi musuh Doctor Strange sesuai dengan komiknya. Di komik, Mordo bekerja sama dengan Dormammu untuk membunuh The Ancient One. Hal itu membuat Doctor Strange dan Mordo bermusuhan. So, akankah nanti di sekuelnya mereka beneran akan bermusuhan?

Lain-lain
Ada satu yang saya pertanyakan, saat adegan roh The Ancient One dan roh Doctor Strange ngobrol di balkon Rumah Sakit, kondisinya kan lagi hujan dan petir-petir, apakah saat itu Thor datang ke Bumi? Hehe...soalnya kan tiap Thor dateng ada petir-petir gitu.

Okay...beberapa poin tentang apa saja yang perlu kamu tau setelah nonton Doctor Strange udah saya utarakan poin-poin pentingnya. Sayang karakter Shuma Gorath tidak ada muncul, tadinya ngarepin ada, karena biar makin kuat hubungan ke monster yang mirip Shuma Gorath yang ada di film Guardians Of The Galaxy 2 tahun depan.

Sekarang, kita berharap saja Doctor Strange akan semakin kuat kedepannya, semakin hebat menjadi The Sorcerer Supreme.
Cukup sekian dulu nih artikelnya...mohon maaf jika ada salah ya...kalo ada yang kurang bole ditambahin. Mudah-mudahan bermanfaat ya guys. See you on next review.

JMFC 001 – Om Chan
The Handsome One



1 komentar:

  1. Wah, infornya mantap Gan, kalo udah banyak "HINT" mohon dikabari ya Gan.

    Mungkin bisa email gw di andra.nukman13@gmail.com .

    Ditunggu ya The Handsome One hehehee

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...